hasil muscab


/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

HASIL MUSYAWARAH CABANG XVI

IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH JEMBER

(PERIODE 2008-2009)

(Jember, 12-13 April 2008)

PIMPINAN CABANG

IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH

KABUPATEN JEMBER

2008

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala karunia dan hidayah yang diberikan kepada umatNya sehingga kita semua masih diberi semangat berjuang dan berdakwah di dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah demi terciptanya Islam yang rahmatan lil alamin. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad Rasullullah SAW yang telah membawa panduan dan tuntunan bagi semesta alam dengan membawa agama Islam.

Satu periode kepemimpinan PC IMM Jember telah berlalu dengan segala upaya dan hambatan dalam mengemban amanah organisasi di tingkatan kabupaten Jember.

Musycab kali  ini mengambil tema Menuju Gerakan yang Akomodatif dan Transformatif dimana dengan tema ini diharapkan kader-kader IMM Jember bisa mengambil suatu langkah yang mulia untuk selalu solid dan ikhlas dalam berjuang dalam sebuah ikatan. Kader-kader IMM diharapkan bisa independen dan mandiri dalam segala aspek kehidupan tanpa bergantung dengan pihak lain yang nantinya. Dengan niat yang jelas dan tulus semoga bisa terbentuk jiwa yang luhur dan mulia.

Kami selaku PC IMM Jember 2007-2008 juga mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jawa Timur yang telah membantu dan mensukseskan musycab periode ini.

Jember, 16 Mei 2008

Penyusun

PENDAHULUAN

Dalam memperkokoh eksistensi dan komitmen dalam organisasi kader, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jember punya peran dan tanggung jawab yang besar. Setiap satu periode dalam sebuah organisasi secara konsisten melakukan proses regenasi secara struktural dari tingkat atas sampai tingkat yang paling bawah. AD dan ART organisasi sebagai dasar pemikiran PC IMM untuk melakukan proses regenerasi dengan memandang kualitas maupun kuantitas.

Momen Musyawarah Cabang  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah merupakan forum tertinggi di tingkatan kabupaten dengan tujuan untuk memilih pimpinan IMM jember ke depan. Musycab kali ini merupakan musycab yang ke XV denagn mengambil tema Menuju Gerakan yang Akomodatif dan Transformatif. Forum ini juga mengevaluasi kepemimpinan PC IMM Jember periode 2007-2008 yang telah berlalu. Dalam musyawarah ini dibahas beberapa hal terkait dengan jalannya organisasi ke depan. Beberapa hal keputusan dan kebijakan menjadi pikiran utama demi terbentuknya jiwa kader IMM yang lebih militan dan progresif di semua aspek kehidupan.

Musycab kali menghadirkan sebuah kegiatan yang sebelumnya tidak pernah ada, yaitu dengan penampilan musik dari Sekolah Luar Biasa dan atraksi Tapak Suci dengan mengundang seluruh warga Muhammadiyah se kabupaten Jember dalam acara pembukaan. Antusias warga Muhammadiyah dan undangan yang lain terlihat dengan jelas bahkan banyak warga non Muhammadiyah banyak yang hadir juga untuk menyaksikan hiburan-hiburan yang lain.

Kebijakan Musycab IMM XVI

  1. Intern

1. Terbentuknya kualitas kader dan pimpinan IMM yang terlatih dan terampil dalam menjalankan perannya di tengah-tengah masyarakat

2. Terbentuknya kualitas kader dan pimpinan IMM yang mampu menampilkan daya tarik yang tepat bagi generasi muda, khususnya mahasiswa untuk terlibat dalam aktivitas Ikatan.

3. Terbentuknya kualitas kader dan pimpinan yang cakap menjalankan organisasi sehingga memenuhi standar kualitas anggota dan pimpinan yang memenuhi aturan konstitusi Ikatan.

4. Terciptanya kualitas kader dan pimpinan IMM yang mampu mencerminkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-harinya.

5. Terciptanya kualitas kader dan pimpinan IMM yang siap berjuang dan berani menghadapi segala macam tantangan dalam kehidupannya, baik dalam rangka pengambilan peran institusional maupun dalam pemenuhan kualifikasi personalnya.

6. Terciptanya kader dan pimpinan IMM yang memiliki tingkat pemahaman yang tepat tentang fungsi dan perannya dalam membangun cita-cita Ikatan menuju masyarakat utama adil dan makmur yang diridhoi Allah.

7. Terbentuknya Komisariat baru baik yang ada di PTM maupun Non-PTM.

  1. Ekstern

a.    Terbinanya kepemimpinan IMM yang tertib, baik vertikal maupun horisontal dalam rangka pelaksanaan program untuk mencapai tujuan IMM.

b.    Terbinanya peran aktif IMM sebagai organisasi otonom Muhammadiyah dalam meningkatkan fungsinya sebagi pelopor, pelangsung dan penyempurna cita-cita dan amal usaha Muhammadiyah serta dapat bekerja sama dengan AMM lainnya.

c.    Terbinanya peran aktif IMM sebagai salah satu organisasi atau gerakan mahasiswa Muslim yang mampu menghimpun dan menyalurkan serta mengembangkan aspirasi, minat dan bakat mahasiswa muslim.

d.    Terbinanya peran aktif IMM sebagai salah satu ormas kepemudaan di tengah-tengah dinamika kancah kehidupan kepemudaan dan kebangsaan.

e.    Terjalinnya komunikasi mutualistik IMM dengan pemerintah serta lembaga OKP-OKP lainnya.

Rekomendasi Hasil Musycab XVI IMM

Untuk IMM

1.    PC IMM Jember harus mempertahankan gerakannya berlandaskan trikompetensi: keilmuan, keagamaan dan kemasyarakatan.

2.    Kader IMM hendaknya terus mengembangkan nilai-nilai kritis, progresif dan kepeloporan.

3.    PC IMM Jember hendaknya mempelopori gerakan Mahasiswa Jember yang selama ini cenderung lesu.

4.    Pemetaan dan penertiban kader agar tidak ada dualisme dalam diri kader baik dengan OMEK lain, OKP lainnya maupun Parpol.

5.    Menggembirakan masjid kampus dengan tujuan dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

Kepada Muhammadiyah

1.    Muhammadiyah harus menunjukkan diri sebagai organisasi gerakan Islam modernis dan terus melakukan pemurnian (tajdid) pada wilayah tauhid/akidah dan ibadah mahdhoh serta pembaharuan (tajdid) pada wilayah ibadah sosial.

2.    Muhammadiyah harus segera mendorong terjadinya dialog komprehensif antara kelompok “konservatif-fundamentalis” dan “liberalis” baik di dalam maupun luar lingkungan Muhammadiyah, agar tidak mengakibatkan keresahan teologis secara massif.

3.    Muhammadiyah harus tetap menjadi tenda besar umat dan bangsa dengan menjadi tempat perlindungan bagi korban kekerasan dan penindasan; menjaga hubungan baik dan jarak yang sama dengan seluruh partai politik; serta, senantiasa mengingatkan pemerintah dalam memutuskan setiap kebijakan publik.

4.    Muhammadiyah harus segera melakukan penertiban dan sangsi kepada para pimpinan dan pengurus amal usaha persyarikatan yang secara sengaja melakukan kampanye parpol tertentu, terutama dengan penempelan stiker maupun pamflet di dalam area amal usaha persyarikatan.

5.    Muhammadiyah secara serius harus menekankan PTM sebagai modal sosial bagi kaderisasi IMM, dimana PTM harus melakukan pembinaan bagi keberadaan kader dan kepemimpinan IMM di PTM. Pimpinan PTM hendaknya melibatkan IMM dalam pengambilan kebijakan kampus berkenaan dengan bidang kemahasiswaan dan pembinaan keagamaan.

6.    Untuk kaderisasi persyarikatan, Muhammadiyah harus senantiasa melibatkan AMM dalam struktur organisasi, membuat keputusan dan melaksanakan program.

Kepada Pemerintah Daerah

1.    Pemerintah hendaknya mengambil setiap kebijakan publik dengan berpihak kepada rakyat kecil.

2.    Pemerintah daerah hendaknya tidak menjual aset-aset daerah dan publik kepada pihak asing atau swasta karena akan semakin menyengsarakan rakyat.

3.    Pemerintah daerah harus menunjukkan komitmennya untuk membersihkan seluruh institusi negara dari korupsi dan manipulasi.

4.    Pemerintah daerah hendaknya membuat perda pemondokan terutama  terutama bagi mahasiwa.

5.    Pemerintah daerah harus mengalokasikan dananya untuk pendidikan yang selama ini kurang diperhatikan.

Sasaran Kebijakan

a. Bidang Organisasi

Bidang organisasi diarahkan pada tercapainya struktur dan fungsi organisasi serta mekanisme kepemimpinan yang mantap dan mendukung gerakan Ikatan dalam mencapai tujuannya. Program konsolidasi gerakan IMM juga diarahkan pada terciptanya kekuatan gerak IMM baik kedalam maupun keluar sebagai modal penggerak bagi pengembangan gerakan IMM.

b. Bidang Kader

Bidang Kader diarahkan pada penguatan tri kompetensi dasar (aqidah, intelektual dan humanitas) yang secara dinamis mampu menempatkan diri sebagai agen pelaku perubahan sosial masyarakat.

c. Bidang Keilmuan

Bidang Keilmuan diarahkan pada peningkatan budaya keilmuan serta penguatan paradigma ilmu yang melandasi setiap agenda aksi gerakan IMM menyikapi tantangan jaman. Penguatan paradigma science sebagai perangkat kerja teknologi dan pengembangan IPTEK di lingkungan IMM.

d. Bidang Hikmah

Bidang Hikmah diarahkan pada penguatan peran sosial-politik IMM di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam peran serta sosial politik generasi muda. Pemetaan basis data sosial politik dan budaya, penguatan peran intelektual kader, laboratorium politik dengan pengayaan khazanah sosial politik dan budaya.

e. Bidang Sosial Kemasyarakatan

Bidang Sosial Kemasyarakatan diarahkan pada penumbuhan dan pengembangan budaya wiraswasta di lingkungan IMM, terutama dalam pengembangan dan memberdayakan potensi ekonomi umat.

f. Bidang Immawati

Bidang Immawati diarahkan pada upaya penguatan jati diri dan peran aktif potensi sumberdaya puteri dalam transformasi sosial menuju masyarakat utama.

g. Bidang Dakwah

Bidang Dakwah diarahkan pada gerakan dakwah Islam bernuansa pencerahan dan menggembirakan masjid kampus sebagai basis gerakan dakwah IMM.

LAPORAN HASIL MUSYAWARAH CABANG XVI

IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH KABUPATEN JEMBER

Hari dan Tanggal     : Ahad-Minggu/ 12-13 April 2008

Tempat                       : Auditorium Ahmad Zainuri Universitas       Muhammadiyah  Jember

Jumlah Peserta        : 39 dari 9 Pimpinan Komisariat dan Pimpinan Cabang

Hasil Musycab  XVI IMM  Kabupaten Jember

Ketua Umum            : Imm. Arif Rahman Hakim

Formatur                    : Imm. Aulia Wardhana

Imm. Mulyadi

Imm. Ari Mustofa

Imm. Danik Eka R.

Imm. Henny Wahyu

Imm. Achmad Susanto

Imm. Dwi Mulyo

Imm. Bagus Kurniawan

Koordinasi dan konsolidasi Ketua dan Team Formatur  akhirnya memutuskan:

Ketua Umum                                                : Imm. Arif Rahman Hakim

Ketua Bidang Organisasi               : Imm. Ari Mustofa

Ketua Bidang Kader                                    : Imm. Halim Noor Dwiwono

Ketua Bidang Keilmuan                 : Imm. Bagus Kurniawan

Ketua Bidang Hikmah                    : Imm. Amiruddin Makruf

Ketua Bidang SoSek                      : Imm. Dwi Mulyo Sukawati

Ketua Bidang Immawati                 : Imm. Putri Robiatul

Ketua Bidang Dakwah                   : Imm. Dhian Wahana Putra

Sekretaris Umum                             : Imm. Aulia Wardhana

Sekretaris Bidang Organisasi        : Imm. Citra Amal Farista

Sekretaris Bidang Kader                : Imm. Mastutik Handayani

Sekretaris Bidang Keilmuan         : Imm. Fahmi Rosyadi

Sekretaris Bidang Hikmah             : Imm. Fuad Pribadi

Sekretaris Bidang SoSek               : Imm. Yuan Setiadi

Sekretaris Bidang Immawati          : Imm. Chusnul Khotimah Galatea

Sekretaris Bidang Dakwah                        : Imm. Nurachmad Ardiansyah

Bendahara Umum                          : Imm. Muhammad Anshori

Bendahara I                                      : Imm. Wahyu Kardiana

PENUTUP

Demikian laporan hasil Musyawarah Cabang XVI Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) kabupaten Jember. Semoga laporan ini bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas IMM secara global dan secara khusus (IMM Jember).

Billahi fii sabilil haq, fastabiqul khairat

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s