Konsep Pasca DAD

Konsep Pasca DAD

1. Manajemen Acara Partisipatoris
2. Pelatihan Networking Partisipatoris
3. Pelatihan Rethorika Partisipatoris
4. Pelatihan Strategi dan Taktik Partisipatoris
5. Manajemen Konflik dan Problem Solving Partisipatoris
6. Ideologi Gerakan IMM FGD
7. Ideologi Kaum Intelektual FGD
8. Purifikasi Tauhid Muhammadiyah FGD
9. Teologi Al-Ma’un Workshop
10. Genealogi Gerakan Islam di Indonesia Seminar Makalah
11. Strategi Gerakan Dakwah Muhammadiyah Seminar Makalah
12. Tantangan Organisasi Kader FGD
13. Filsafat Gerakan Sosial Seminar Makalah
14. Analisa Ekonomi Politik Nasional Seminar Makalah
15. Gerakan Mahasiswa Indonesia Workshop
16. Practice Research and Engagement Workshop

Latar Belakang
Darul Arqom Dasar sebagai perkaderan utama yang dilaksanakan IMM sebagai perekrutan Kader organisasinya adalah sesuatu yang mendasar yang harus diperhatikan sungguh-sungguh guna tercapainya tujuan perkaderan dan tujuan organisasi untuk jangka panjangnya, ada banyak hal yang menjadi perhatian ketika pelaksanaan DAD masih banyak hal yang perlu dievaluasi, diantaranya:
1. Merosotnya kuantitas dan kualitas kader IMM menjadi suatu paradigma yang harus diperhatikan, dan diselesaikan oleh para pengurus/pimpinan organisasi IMM Jember.
2. Terbatasnya potensi pelaksanaan DAD dalam hal ini terkait biaya, tenaga keinstrukturan, fasilitas, konsumsi, dll sehingga mempengaruhi tercapainya kurikulum Perkaderan yang ideal seperti dalam pedoman SPI.
3. Keterbatasan KBM itu perlu ditindaklanjuti dalam bentuk Follow-Up, sebagai konsekwensi dari pelaksanaan DAD yang kurang proporsional dalam tersampaikannya materi dan pesan perkaderan.
4. Sebagai bentuk kesinambungan perkaderan pasca DAD, maka perlu diselenggarakannya Follow-Up oleh Pimpinan Komisariat/Cabang.
5. Ada kecenderungan hilangnya komunikasi antara kader yang sudah mengikuti DAD dengan organisasi IMM sehingga perlu media yang terus menyatukan semangat organisasi ini.

Meneguhkan eksistensi IMM sebagai organisasi Perkaderan, sebagaimana yang sudah diatur dalam GBHO IMM bahwasanya untuk pencapaian tujuan dan cita-cita IMM maka setiap aktivitas Organisasi, program dan Kebijakan yang dilakukan harus didasari prinsip-prinsip:
1. Prinsip Tujuan: ialah bahwa segala usaha dan program senantiasa mengacu pada pencapaian tujuan IMM yaitu terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia. Dengan demikian segala sesuatunya dilakukan bukan secara spontanitas insidental, melainkan sebagai bagian dari upaya mendekati pencapaian tujuan itu sendiri.
2. Prinsip Kekaderan: ialah bahwa segala kegiatan yang dilakukan merupakan pencerminan dari arena didik diri dalam mempersiapkan dan melatih kader-kader yang terlatih dan berkualitas yang diproyeksikan sebagai kader pimpinan bagi persyarikatan, umat dan bangsa. Target kualifikasi profil kader yang dituju dalam keseluruhan proses IMM adalah kader yang memiliki kompetensi dasar intelektual dan kompetensi dasar kemanusiaan.
3. Prinsip Dakwah: ialah bahwa aktivitas IMM dalam memerankan dirinya di tengah-tengah masyarakat adalah cerminan dari upaya dakwah Islam amar ma’ruf nahi mungkar. Dakwah adalah landasan gerakan IMM dalam melakukan rekayasa kehidupan menuju pencerahan kualitas hidup manusia di dunia dan akhirat.
4. Prinsip Kebersamaan: Bahwa segala bentuk program dan pilihan kebijakan IMM merupakan hasil kehendak dan orientasi cita-cita seluruh bagian warga Ikatan. Kolektivitas dan kolegialitas adalah watak Ikatan dalam mengemban misi untuk mencapai tujuan bersama dalam model “tim kerja” dan kerja tim bagi program kerja Ikatan.
5. Prinsip Keseimbangan: Bahwa pilihan gerakan IMM merupakan wujud apresiasi yang seimbang dalam pemenuhan peran keagamaan, keilmuan dan kemasyarakatan.
6. Prinsip Relevansi: Bahwa kebijakan dan program kegiatan IMM adalah serangkaian aktivitas yang dilaksanakan untuk memberikan pemenuhan kebutuhan yang relevan dengan sikap, watak dan kebutuhan warga Ikatan yaitu mahasiswa.
7. Prinsip Kesinambungan: Bahwa kegiatan-kegiatan IMM dalam setiap struktur pimpinan senantiasa memperhatikan kebutuhan jangka panjang dan kesinambungan gerakan.
8. Prinsip Kemajuan atau Progresifitas: Bahwa segala bentuk program, kegiatan, maupun pilihan kebijakan IMM senantiasa diambil sebagai usaha IMM ke arah yang lebih baik, lebih progresif dan mencerahkan bagi persyarikatan, umat dan bangsa.

Perkaderan IMM untuk tingkatan dasar adalah Darul Arqom Dasar, setelah kader menjalani proses perkaderan Formal DAD perlu adanya bentuk Follow Up atau proses lanjutan yang perlu di dampingi secara intensif oleh para Pimpinan (Bid.Kader). Proses Follow-Up pasca DAD perlu memperhatikan beberapa hal :

1. Follow-Up adalah proses pemantapan Ideologisasi
2. Follow-Up adalah proses pemantapan pemahaman Trikompetensi dasar IMM
3. Follow-Up adalah proses pemahaman akan kerangka besar keorganisasian IMM, yang nantinya kader siap berproses ditingkatan Komisariat maupun Cabang.
4. Follow-Up adalah proses pendampingan agar kader tidak kehilangan semangat dalam berproses di IMM

Prinsip Materi Follow-UP
1. Keislaman.
Pengayaan dan Pemantapan pengetahuan dan keyakinan keislaman
2. Keilmuan (dengan disiplin Ilmu terkait fakultas).
Kajian keilmuan yang menunjang prinsip disiplin ilmu yang ditekuni.
3. Kemuhammadiyahan.
Pewacanaan dan pemahaman semangat Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah social
Beberapa bentuk follow-up yang bisa dilakukan adalah :
1.Kajian partisipatoris
Bentuk kajian yang dilakukan adalah diskusi interaktif dengan dihadirkan fasilitator/narasumber yang menguasai materi terkait, dan kader diajak berolah wacana yang nantinya diharapkan mampu interaktif dan memperkuat pemahaman akan materi terkait.

2. Forum Gawe Diskusi (FGD)
Kader diberi kepercayaan penuh untuk mengkaji akan tema diskusi yang diberikan, dengan sifat diskusi Ilmiah, tentunya didampingi oleh pengurus/pimpinan.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s