kONSEP TEKNIS dad kOMISARIAT JUSITIA

Pelaksana

Penasehat                    : Dekan Fakultas Hukum

PC IMM Kab. Jember  (Bidang Kader)

Penanggung Jawab     :  Ketua Umum PK Iustitia (Immawan Fauzan)

Pimpinan Komisariat Iustitia Unmuh Jember

Sterring Commitee

Master of Trainning    :

Vice-MT                      : Mastutik Handayani

Administrasi

Co                   : Wahyu Kardiana

Team               : Amiruddin, Citra Amal

Monitoring

Co                   : Fahmi Setiawan

Team               : Ari Mustofa, Chusnul Chotimah

Evaluasi

Co                   : Fuad Pribadi

Team               : Bagus Kurniawan

Motivasi

Co                   : Aulia Wardhana

Team               : Moh. Anshori

Imam Trainning

Immawan        : Ardiansyah

Immawati        : Putri Robi’atul

Imam Budaya             : Dwi Mulyo & Juan Setiadi

Instruktur                    : Ekstrainer LID 2007

Materi & Kurikulum

No Materi Tujuan Kisi-kisi Methode Waktu
1. Personal Introduction Pengenalan diri
  • Ø Pengenalan individu
  • Ø Pengenalan kel. Belajar
Role Play 60′
2. Pre test Memahami tingkat kemampuan peserta
  • Ke-Islam-an
  • Ke-Organisasi-an
  • Wawasan Umum
Tes tulis 60′
3. Hakekat Islam
  • Ø Menumbuhkan pemahaman & kesadaran bahwa Islam sebagai Agama, Sistem Ideologi, dan Way of Life
  • Ø Menumbuhkan kesadaran ke-Tuhan-an & hakekat makhluk
  • § Islam bukan sekedar agama tapi merupakan Way of Life
  • § Teologi Laa Illaha Illallah
  • § Eksistensi Tuhan diatas keimanan
  • § Kalimat Tayyibah dari individu ke komunitas (pengantar Tauhid Sosial)
  • § Warming-up
  • § Ceramah
  • § Diskusi
  • § Warming-up
  • § Ceramah
  • § Diskusi
  • § Brainstorming
90′
4. Teknik Persidangan Pemahaman teknik persidangan
  • Petugas persidangan & Job Discription
  • Palu sidang & perlakuannya
  • Jenis instruksi & Perlakuannya
Role Play 60′
5. Sumber Hukum Islam Pemahaman seumber-sumber hukum Islam
  • Al-Qur’an, Hadits, Ijtihad, Ijma’
  • Sejarah
  • Kedudukan & Keshahihan
  • Brainstorming
  • Warming-up
  • Ceramah
  • Diskusi
90′
6. Ibadah Pemahaman hakekat Ibadah & Praktek Ibdah Yaumilah Teoritis

  • Hakekat Ibadah
  • Ritual Ibadah Ibdah Rosulullah

Praktis

  • Thaharah
  • Sholat
  • Puasa
  • BTQ
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Praktek
90′
7. Filsafat Berfikir secara Logika Ilmiah Pemahaman Hakekat & Kadudukan akal
  • Hakekat Akal
  • Kedudukan logika ilmiah
  • Iman, Ilmu, Amal
  • Antara Realita & Idealita
  • Warming-up
  • Eksplore
  • Diskusi
  • Brainstorming
90′
8.
  • Organisasi dan Pergerakan
Peserta mengetahui apakah organisasi serta persamaan dan perbedaannya dengan pergerakan
  • * Pengertian (Organisasi & Pergerakan)
  • * Jenis-Jenis Organisasi
  • * Sistem Management Organisasi
  • § Warming-up
  • § Eksplore
  • § Diskusi
  • § Brainstorming
9. Ke-Muhammadiyah-an Pemahaman tentang nilai-nilai perjuangan Muhammadiyah
  • Sejarah Singkat Muhammadiyah
  • MKCHM
  • Dakwah Muhammadiyah Sebagai Pergerakan Islam di Indonesia
  • Warming-up
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Brainstorming
90′
10 Gerakan Mahasiswa Peserta tahu pergerakan mahasiswa awal hingga reformasi
  • – Awal Kebangkitsn Nasional
  • – Jenis-jenis organisasi mahasiswa
  • – Prinsip Gerakan Mahasiswa
  • – Tantangan mahasiswa
  • Warming-up
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Brainstorming
90′
11 Ke-IMM-an Pemahaman tentang nilai-nilai perjuangan IMM

  • Sejarah berdirinya IMM
  • Kepemimpinan IMM
  • Khittah & identitas IMM
Eksplorasi & Diskusi 90′
12 Manajemen Kepemimpinan Memberikan pemahaman tentang seorang pimpinan dan pemimpin yang ideal
  • Pengertian
  • Jenis-jenis pemimpin
  • Karakteristik Pemimpin yang baik
  • Warming-up
  • Eksplore
  • Diskusi
  • Brainstorming
90′
13 Strategi & Taktik Peserta mengetahui bagaimana menyusun strategi dan taktik dalam berorganisasi
  • * Analisa Kebutuhan : Penting & Genting
  • * Menyusun Strategi & Taktik
  • * Security Organisasi
  • * Warming-up
  • * Ceramah
  • * Diskusi
  • * Brainstorming
90′
14 Rethorika Peserta dapat mengetahui bagaimana beretorika dengan baik serta mampu mengaplikasikannya
  • * Jenis Rethorika
  • * Kiat beretorika sukses
  • * Be Action
  • * Warming-up
  • * Ceramah
  • * Diskusi
  • * Brainstorming
90′
15 Workshop (Simulasi + RTL)
  • Simulasi persidangan
  • Tindak lanjut pengkaderan
  • Jenis-jenis interupsi
  • Jenis-jenis ketukan palu sidang
  • Perencanaan aksi pasca pelatihan
  • Pendelegasian tugas
  • Pembentukan tim work
Eksplore; Brainstorming; Diskusi

Role play

180′




FORM PENILAIAN TOTAL

No

Nama

Pre Test

Screnning

M1

M2

M3

M4

M5

M6

M7

M8

M9

M10

M11

M12

M13

M15

M16

Kelas Ibadah

tot

Ket

1

2

3

4

5

6


BORANG EVALUASI PESERTA

Nama               :                                   Materi              :

Hari/tanggal    :                                   Waktu             :

Pemateri          :                                   Instruktur        :

Lingkari posisi anda!

  • 1. Bagaimana Pemahaman anda tentang materi ini?

1          2           3          4           5           6        7          8          9        10

  • 2. Bagaimana tingkat perhatian anda pada materi ini?

1          2           3          4           5          6        7          8          9        10

  • 3. Bagaimana penguasaan pemateri terhadap materi yang disampaikan

1          2           3          4           5           6        7          8          9        10

  • 4. Bagaimana penguasaan instruktur terhadap materi & forum?

1          2           3          4           5           6        7          8          9        10

  • 5. Tanggapan anda tentang materi ini…………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  • 6. Saya hari ini


  • 7. Peserta paling aktif materi ini…………………………………………..
  • 8. Kritik dan Saran…………………………………………………………

………………………………………………………………………………

BORANG EVALUASI PESERTA

Nama               :                                   Materi              :

Hari/tanggal    :                                   Waktu             :

Pemateri          :                                   Instruktur        :

Lingkari posisi anda!

  • 1. Bagaimana Pemahaman anda tentang materi ini?

1          2           3          4           5           6        7          8          9        10

  • 2. Bagaimana tingkat perhatian anda pada materi ini?

1          2           3          4           5           6        7          8          9        10

  • 3. Bagaimana penguasaan pemateri terhadap materi yang disampaikan

1          2           3          4           5           6        7          8          9        10

  • 4. Bagaimana penguasaan instruktur terhadap materi & forum?

1          2           3          4           5           6        7          8          9        10

  • 5. Tanggapan anda tentang materi ini…………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  • 6. Saya hari ini


  • 7. Peserta paling aktif materi ini…………………………………………..
  • 8. Kritik dan Saran…………………………………………………………

………………………………………………………………………………

BORANG EVALUASI INSTRUKTUR

Nama               :                                   Hari/Tanggal   :

Amanah           :

  • 1. Bagaimana Profesionalisme anda hari ini?

(     ) Kurang; (     ) Cukup; (           ) Baik

  • 2. Bagaimana hubungan anda dengan peserta hari ini?

(     ) Sangat dekat; (     ) Dekat; (   ) tidak dekat

  • 3. Bagaimana team anda hari ini?

(     ) Kurang solid; (     ) Solid; (     ) Sangat Solid

  • 4. Berapa persen amanah yang telah anda jalankan hari ini?……………….%
  • 5. Berapa persen target-target yang anda capai hari ini?……………….%
  • 6. Saya hari ini


  • 7. Kritik & Saran untuk team……………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  • 8. Catatan untuk saya besok………………………………………………. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
  • 9. Catatan Untuk Peserta…………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………..

BORANG EVALUASI INSTRUKTUR

Nama               :                                   Hari/Tanggal   :

Amanah           :

  • 1. Bagaimana Profesionalisme anda hari ini?

(     ) Kurang; (     ) Cukup; (           ) Baik

  • 2. Bagaimana hubungan anda dengan peserta hari ini?

(     ) Sangat dekat; (     ) Dekat; (   ) tidak dekat

  • 3. Bagaimana team anda hari ini?

(     ) Kurang solid; (     ) Solid; (     ) Sangat Solid

  • 4. Berapa persen amanah yang telah anda jalankan hari ini?……………….%
  • 5. Berapa persen target-target yang anda capai hari ini?……………….%
  • 6. Saya hari ini


  • 7. Kritik & Saran untuk team……………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  • 8. Catatan untuk saya besok………………………………………………. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
  • 9. Catatan Untuk Peserta…………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………..

EVALUASI KELAS IBADAH

No

Nama

Akhlaq

Kultum

BTQ

Sholat

Thaharah

Hafalan

Total

Catatan

1

2

3

4

1

2

1

2

3

1

2

1

2

3

1

2

Keterangan :

FORM Monitoring

A = Kedisiplinan

B = Kerapian

C = Keaktifan

D = Kecakapan


FORM IBADAH

Akhlaq

1-4 = Hari Pelatihan

Kultum

1 = Isi  Materi

2 = Rethorika

BTQ

Sholat

Taharah

Hafalan

FORM MONITORING

DAD IMM Komisariat Iustitia

Hari/Tanggal   :                                                           Materi              :

Waktu             :                                                           Instruktur        :

No

Nama

Absensi

A

B

C

D

Catatan

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26

Lampiran-Lampiran

Alur Logika Pengkaderan DAD IMM komisariat Iustitia Unmuh Jember

DAD

Screnning

RBA

Proses Pengkaderan

Follow-up

Kantong-kantong kader berdasarkan individual skill

Penugasan

Peserta Pasti 25 Orang

Pre-Tes (Kualifikasi)

*Alur Logika ini berdasarkan Need Assesment Komisariat Iustitia & Eksistensi Ikatan jangka panjang

Pembagian Kelompok

Pengkayaan Wacana


Keterlibatan dalam aktifitas kepemimpinan komisariat

Regenerasi Komisariat

Pemekaran Berdasarkan Need Assesment

Konsentrasi Aktifitas Fakultas

JOB DISCRIBTION

  • OC/Organizing Comitee adalah panitia yang bertanggung jawab atas perangkat-perangkat keras pelatihan, seperti : menyediakan tempat, konsumsi, keamanan kegiatan, menyediakan transportasi, menyebarkan undangan, membuat proposal, dll.
  • SC/Sterring Comitee adalah panitia yang bertanggung jawab atas perangkat lunak pelatihan, seperti : menyusun kerangka acuan & alur pelatihan, administrasi proses pelatihan, evaluasi, memonitor perkembangan peserta, memberikan motivasi, menjaga agar proses pelatihan berjalan lancer, menyusun materi pelatihan, dll.

Master of Trainning             : Yang bertanggung jawab secara penuh berjalannya proses pelatihan. Memenuhi seluruh kebutuhan Peserta & Instruktur

Vice-Master of Trainning     : membantu kinerja MT

Administrator                        : Bertugas mempersiapkan seluruh kebutuhan administrasi selama proses pengkaderan

Monitoring                             : Membantu MT dalam mengawasi perkembangan peserta selama proses pengkaderan baik di dalam maupun diluar kelas

Evaluator                               : Membantu MT dalam memberikan penilaian proses pengkaderan baik pra,pas, dan pasca)

Motivator                               : Bertugas memberikan dorongan bagi peserta.

Imam Trainning                    : Membantu MT dalam kelas-kelas ibadah (ex : sholat, mengaji, pendampingan akhlaq, dll)

Dalam sebuah pelatihan ada yang menganggap Imam Budaya sangat diperlukan sementara ada pula yang menganggap sebagai pelengkap saja, dimana tugas imam budaya adalah membantu MT dalam kegiatan-kegiatan refreshing dan menciptakan suasana rekreatif dalam sebuah pelatihan.

Ada pertanyaan pokok yang harus dijawab oleh Seorang Instruktur :

  1. Bagaimana mengelola kelas selama pelatihan?
  2. Bagaimana melakukan monitoring dan evaluasi?
  3. Apa saja administrasi pendukungnya?

Pertanyaan pertama menyangkut pengelolaan skill individu instruktur.. sementara pertanyaan kedua menyangkut persiapan teknis pelatihan. Apakah yang harus dimiliki oleh Instrukturr?

  • 1. Memiliki kemampuan untuk mengelola forum
  • 2. Kreatif
  • 3. Peka terhadap kondisi peserta dan forum
  • 4. Dapat memposisikan diri sebagai kawan peserta


  • 5. Menghindari egoisme (kontrol emosi & sikap)
  • 6. Memahami materi yang akan disampaikan
  • 7. Memahami budaya lokal

Screnning

  • Ke-Islam-an
  • 1. Baca Qur’an
  • 2. Hafalan Surat-Surat Pendek; Do’a; Ayat-ayat populer
  • 3. Dienul Islam
  • 4. Ibadah Yaumilah
  • 5. Sejarah Islam
  • 6. Islam Kontemporer
  • Ke-Organisasi-an
  • 1. Pengertian organisasi
  • 2. Pengetahuan Ke-Ormas-an
  • 3. Pengetahuan Ke-Muhammadiyah-an )
  • 4. Ke-IMM-an
  • Pengetahuan Umum
  • 1. Wacana Lokal
  • 2. Wacana Nasional
  • 3. Wacana Global

Alokasi Waktu : 120′

Masing-masing Pos + 5′

Range Nilai     1 = Sangat Kurang

2 = Kurang

3 = Cukup

4 = Baik

5 = Sangat Baik

PENCAPAIAN KESUKSESAN PENGKADERAN DAD

Religiusitas :

  • Ibadah
  • 1. Hafal minimal 10 surat-surat pendek paham maknanya
  • 2. Dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar
  • 3. Minimal hafal 2 ayat populer dan tahu maknanya
  • Akhlaq
  • 1. Menginternalisasikan simbol-simbol Islam (berjilbab; tidak memakai pakaian yang bertentangan dengan syariah Islam)
  • 2. Tidak melakukan perbuatan a-susila
  • 3. Menghormati orang-orang disekitarnya baik dalam kata maupun perbuatan
  • 4. Saling tolong menolong & menjauhi permusuhan

Intelektual  :

  • 1. Mampu berethorika minimal di kelompok kecil
  • 2. Mampu menganalisa kasus sederhana
  • 3. Memahami potensi diri dan mampu mengeksplorenya

Organisasi  :

  • 1. Sekurang-kurangnya telah aktif dalam kegitan IMM 3 bulan pasca DAD
  • 2. Mampu aktif dalam kepanitiaan tingkat komisariat
  • 3. Memahami dasar-dasar organisasi (IMM)
  • 4. Hafal surat Al-Mauun, memahami maknanya & dapat membuat artikel yang mengkaji surat Al-Ma’uun & Organisasi (khususnya Muhammadiyah-IMM)

































Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s