Menerapkan Strategi menjadi Aksi

Menerapkan Strategi menjadi Aksi
BALANCED SCORECARD
* Aulia Wardhana
(SEKRETARIS Umum PC.IMM Jember)

Balanced Scorecard menyediakan para pimpinan suatu instrumen yang dibutuhkan untuk mengemudikan organisasi menuju kepada keberhasilan persaingan masa depan. Di era globalisasi yang merupakan abad informasi dan teknologi, organisasi bersaing dalam lingkungan yang kompleks sehingga pemahaman yang akurat tentang tujuan serta metode untuk mencapainya adalah amat vital. Balanced Scorecard menerjemahkan misi dan strategi organisasi ke dalam seperangkat ukuran yang menyeluruh yang memberi kerangka kerja bagi pengukuran dan sistem manajemen strategis.
Dalam upaya mengubah diri agar berhasil dalam persaingan di masa depan, banyak organisasi berpaling kepada sejumlah inisiatif perbaikan antara lain:
• Manajemen mutu terpadu (TQM)
• Persaingan berdasarkan waktu
• Membangun organisasi yang berpusatkan pada kader
• Pemberdayaan kader
• Rekayasa ulang
Balanced Scorecard sebagai suatu kerangka kerja tindakan strategis menghasilkan berbagai proses manajemen diantaranya:
1. Memperjelas dan menerjemahkan visi dan strategi
• Memperjelas visi
• Menghasilkan konsensus
2. Mengkomunikasikan dan menghubungkan
• Mengkomunikasikan dan mendidik
• Menetapkan tujuan
• Mengaitkan imbalan dengan ukuran kinerja-tonggak
3. Merencanakan dan menetapkan sasaran
• Menetapkan sasaran
• Memadukan inisiatif strategis
• Mengalokasikan sumber daya
• Menetapkan tonggak-tonggak penting
4. Umpan balik dan pembelajaran strategis
• Mengartikulasikan visi bersama
• Memberikan umpan balik strategis
• Memfasilitasi tinjauan ulang dan pembelajaran strategi

“Pengukuran itu penting”
Jika anda tidak dapat mengukurnya, anda akan menemui kesulitan untuk mengelolanya. Sistem pengukuran yang diterapkan organisasi mempunyai dampak yang sangat besar terhadap perilaku manusia didalam maupun luar organisasi.
Aspek-aspek Balanced Scorecard diantaranya:
No Perspektif Ukuran Generik
1 Kader -Kepuasan
-Retensi
-Pangsa Pasar
2 Internal -Mutu
-Waktu
-Biaya
3 Pembelajaran dan Pertumbuhan -Kepuasan pimpinan
-Ketersediaan sistem

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s